Friday, January 15, 2010

WAYANG KULIT BY KI H ANOM SUROTO

Pada jaman modern sekarang ini mungkin WAYANG KULIT telah banyak dilupakan oleh para generasi muda di Indonesia. Mungkin perlu klaim dari Malaysia (MalingSia) dulu baru pada ingat bahwa Wayang itu punya Indonesia. Ironi memang suatu kebudayaan mulai dilupakan tetapi kalau diambil orang baru deh ribut-ribut dan inget kalau itu punya kita (Indonesia).

Sejak SMP aku memang suka Wayang Kulit (audio atau live), kalau malam terasa sepi jika tidak dengar wayang kulit via radio butut kesayanganku (kalau gak salah merknya Philip)
Dalang favoritku adalah Ki H Anom Suroto. Suaranya yang mantap membuat aku jatuh hati, apalagi kalo melakonkan suaranya si Bagong, wah....bikin kecanduan.


KI H ANOM SUROTO, lahir di Juwiring, Klaten tahun 1948 dan belajar dalang sejak 6 tahun dari ayahnya sendiri Ki Sadiyun Harjadarsana, selain juga dengan beberapa dalang senior lainnya baik langsung ataupun tidak langsung.
Pernah ikut kursus pedalangan yang diselenggarakan Himpunan Budaya Surakarta, belajar tidak langsung dari Pasinaon Dalang Mangkunegaran dan juga Habiranda, Yogyakarta.
Tahun 1968, Anom Suroto sudah tampil di RRI setelah melalui seleksi yang ketat. Tahun 1978 beliau diangkat sebagai Panewu Anon-anon dengan nama Mas Ngabehi Lebdocarito dan tahun 1995 menerima Satya Lencana Kebudayaan.
Secara berkala beliau mengadakan sarasehan dirumahnya dijalan Notodiningratan 100, Surakarta. Beliau satu-satunya dalang yang sudah menjelajah di 5 benua untuk mendalang.


Bagi rekan-rekan yang hobi dengerin wayang kulit semalam suntuk silakan mengunjungi link di bawah ini dengan format MP3. Memang ukuran file nya agak besar tapi sudah di pecah maximal 50an MB, jadi perlu kesabaran dalam men down load file MP3 ini. Kalau memang susah men Download saya bersedia membantu mengkopikan file-file tersebut, contact via email aja nanti kita bicarakan mekanismenya, yang jelas GRATIS, asal bawa keping CD atau DVD aja.
Alamat email saya : topeng310@gmail.com
SELAMAT MENIKMATI.
(Thanks to http://wayangprabu.com/ )

1 comment:

  1. dhateng pundi enten kursus pedalangan, kula pados kursus pedalangan

    ReplyDelete